Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Guru Wajib Tahu, Ini Cara Menautkan Akun Belajar.id ke SIMPKB

Guru Wajib Tahu, Ini Cara Menautkan Akun Belajar.id ke sim SIMPKB

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) mengeluarkan surat edaran dan juga mengeluarkan panduan cara menautkan akun belajar id ke SIMPKB.

Agar dapat menautkan akun belajar id ke SIMPKB ada beberapa tahapan yang diberikan oleh Dirjen GTK yang dapat diikuti oleh para guru dan tenaga kependidikan.

Menautkan akun belajar id ke SIMPKB bertujuan agar para guru dapat memaksimalkan proses pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) maupun Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Pada surat edaran dengan nomor 0697/B.B5/GT.01.015/2022 juga dijelaskan mengenai Panduan Kelola Data Dasar dan Integrasi Layanan.

Berikut merupakan cara untuk menautkan akun belajar.id ke SIMPKB

1. Minta akun belajar.id ke operator sekolah 

Perlu diketahui bahwa akun belajar.id dapat diperoleh di operator sekolah sehingga para guru harus meminta terlebih dahulu ke operator.

2. Akses laman SIMPKB 

Setelah mendapatkan akun belajar.id, selanjutnya guru harus mengakses laman SIMPKB (https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login).

Setelah berhasil mengakses laman SIMPKB tersebut, nantinya akan muncul tampilan untuk melakukan login ke laman SIMPKB menggunakan akun SIMPKB yang biasa digunakan.

Selanjutnya silahkan klik Selengkapnya di bagian kanan paling bawah dari layar laman tersebut.

3. Tautkan akun belajar.id 

Nantinya akan muncul tampilan Integrasi Layanan. Pada bagian tersebut terdapat dua pilihan yang dapat dipilih oleh guru, yaitu Tidak tertaut dan Tautkan.

Pada pilihan tersebut silahkan pilih Tautkan yang ditampilkan dalam kotak berwarna hijau pada bagian paling bawah sebelah kanan.

4. Masukkan akun belajar.id dan password 

Setelah memilih tautkan, nantinya guru akan diminta login dengan menggunakan akun belajar yang telah diperoleh dari operator sekolah.

Penting untuk diketahui, ciri-ciri akun belajar, yaitu belakangnya ada domain belajar.id.

Kemudian silahkan masukkan email untuk akun belajar, lalu pilih Berikutnya, nantinya akan muncul permintaan untuk memasukkan password akun belajar.id.

Password akun belajar ini didapatkan sepaket dengan akun belajar.id para guru dari operator sekolah.

5. Akun sudah tertaut

Setelah memasukkan password belajar, silahkan pilih Berikutnya. Nantinya akan muncul tampilan Integrasi layanan dan terdapat keterangan Tertaut.

Jika sudah ada keterangan Tertaut artinya guru berhasil menautkan akun belajar.id ke SIMPKB.

Demikian cara menautkan akun belajar.id ke SIMPKB, semoga bermanfaat.